Jumat, 14 Januari 2011

BERBAGAI TEKNIK MANCING

Teknik Mancing
 
Banyak jenis teknik mincing yg sering di gunakan untuk menangkap ikan, sampai saat ini saya juga masih bingung dan sering ketukar istilah mincing, makanya saya buat tulisan biar tidak lupa he he he.
Mancing terbagi menjadi Mancing kolam (pond fishing) dan mincing di alam (wild fishing).
Memancing di kolam merupakan kegiatan yg sudah di kondisikan kita bisa tahu ikan terberat yg mungkin bisa diangkat sehingga perangkat pancing bisa di kondisikan dengan keadaan.
Peralatan buat mincing di kolam biasanya memakai peralatan yg tidak terlalu “berat” dalam artian tackle yg di pakai adalah kelas ringan sampai menengah contih joran tidak terlalu panjang idealnya memakai 180 cm kebawah karena ukuran empang yg tidak terlalu lebar tidak memerlukan lontaran yg jauh, Untuk line dan reel tergantung ukuran ikan kelas reel 4000 sudah cukup.
Untuk mincing di alam bebas kita kelompokan menjadi salt water (laut) dan fresh water (danau, sungai dll). Di laut peralatan yg di pakai sebaiknya memakai peralatan yg mumpuni (maksimum) karena kita tidak bakal tahu ikan apa yg bakal menyambar umpan kita. Di fresh water bisa menggunakan peraltan kelas ringan dengan joran 180 cm sampai 300 cm.

Ada beberapa jenis Teknik mancing,


Surf Casting
Surf  Casting adalah teknik memancing yg biasanya di lakukan di pinggir pantai, teknik dasarnya sama dengan casting yaitu sama sama melemparkan umpan sejauh jauhnya hanya pada teknik ini di biarkan mendarat di Indonesia lebih di kenal dengan istilah mincing pasiran.


Peralatan Surf Casting.

       Reel 

Reel yg di gunakan jenis reel sping dengan ukuran diatas 4000. Ciri cirinya adalah memiliki bentuk spool yang panjang dan dngkal, dan juga memiliki system worm shaft agar gulungan senar bisa tertata rapi di spool.

Joran
Umumnya joran yg dipakai berukuran 3 – 5 m dan biasanya banyak yg memakai joran jenis teleskopik, kelebihan jenis joran ini adalah mudah di bawa bawa.

Line
Biasanya memakai jenis monofilament dengan tambahan leader.

Timah (pemberat).
Berguna supaya umpan tidak terbawa arus dan biasanya menggunakan timah dengan berat 80-100 gr.

Umpan 
Umumnya umpan yg dipakai adalah irisan ikan, cacing laut atau kerang kerang laut.

Bait Casting
Bait Casting adalah teknik mincing menggunakan umpan buatan dengan cara melempar umpan ke daerah sasaran kemudian di gulung perlahan sehingga umpan yg ditarik menyerupai ikan kecil sungguhan sehingga menarik ikan ikan predator.





Peralatan Bait Cating
Reel 
Bait Casting reel, reel ini memang di khususkan untuk mancing dengan teknik casting.
Spinning Reel, gunakan ukuran reel antara 2000 – 4000, biasanya memiliki spool yg tidak dalam (cetek) dan juga bentuk spoolnya panjang dan lebar.

Joran
Gunakan joran dengan ukuran 180 cm -210 cm

Umpan.
Ada dua tipe umpan ini yaitu ada yg di peruntukan di permukaan aid dan ada yang di kedalaman. Ada beberapa jenis umpan buatan yaitu minnow, mini popper, spoon, sticbait, pencil bait serta frogi, ukuran yg di pergunakan biasanya ukuran 3cm – 7cm.

Line (Senar)
Biasanya menggunakan senar jenis multifilament (braided line) dengan ukuran PE1 – PE2 yg memiliki braided halus.

Leader line 
Menggunakan Monofilament dengan fluorocarbon dengan ukuran 40lbs dengan panjang +/- 2 m

Casting Action
Setelah semua peralatan siap tinggal lempar ke spot yg di perkirakan mempunyai potensi bagus buat mincing, lempar bait dan retrieve perlahan sampai ada ikan predator yg tergoda.
Memainkan bait dan melempar bait perlu latihan sampai action yg di harapkan tercapai sehingga ikan tertipu dengan umpan buatan kita.
Selamat mencoba

3. Popping
4. Trolling
5. Jigging
6. Ngoncer
7. Garong 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Entri Populer